SURABAYA – Terkait kerusuhan antara aliran sesat Syiah dan umat Islam di desa Karanggayam, Omben, Sampang, Madura Jawa Timur, Pengurus Cabang Nahdhotul Ulama (PCNU) Kabupaten Sampang dan Pengurus Wilayah Nahdotul Ulama (PWNU) Jawa Timur menerjunkan Tim Pencari Fakta (TPF). Hasilnya, TPF NU menemukan bom rakitan mirip ranjau yang sengaja ditanam di sekitar lokasi kejadian.

“PCNU sejak kemarin tengah mengumpulkan sejumlah data dan informasi dari lapangan. Data sementara yang berhasil dikumpulkan oleh PCNU Sampang, bentrok yang kedua kalinya yang memakan korban jiwa tersebut dipicu oleh letusan bom rakitan mirip ranjau yang sengaja ditanam disekitar tempat kejadian perkara,” kata Wakil Ketua PCNU Sampang H. Nuruddin JC dalam keterangan rilisnya seperti dikutip okezone, Senin (27/8/2012).

Menurutnya, letusan tersebut sangat kuat bahkan terdengar hingga satu kilometer. Ranjau rakitan itu memiliki daya ledak yang luar biasa dan mematikan. Sebab, ranjau tersebut dicampur dengan kelereng.

Buktinya, lanjut Nurruddin, sejumlah warga yang terluka terkena serpihan kelereng sedalam dua centimeter di bagian paha dan kaki.

…Data sementara yang berhasil dikumpulkan oleh PCNU Sampang, bentrok yang kedua kalinya yang memakan korban jiwa tersebut dipicu oleh letusan bom rakitan mirip ranjau yang sengaja ditanam disekitar tempat kejadian perkara

Mendengar letusan itu, tanpa dikomando ribuan massa yang berada di desa terdekat menuju lokasi dengan membawa senjata tajam. Saat itu, di lokasi sudah ditemukan banyak korban yang terkena ledakkan bom itu. Hingga akhirnya bentrok tak terhindarkan.

“Mereka saling serang dengan senjata tajam, batu, kayu dan bom molotov,” tambahnya.

Oleh karena itu, sebagai organisasi Islam terbesar, pihaknya meminta kepada aparat penegak hukum untuk mengusut tuntas kasus tersebut. Termasuk mengusut perakit dan orang yang menanam bom rakitan mirip ranjau itu. Yang terpenting saat ini, lanjutnya, adalah menangani para korban-korban akibat kerusuhan tersebut dan melokalisir agar konflik ini tidak menyebar ke tempat lain.

“Sebab kelompok Syiah di Sampang tidak hanya ada di Dusun Nangkernang, tetapi ada di beberapa desa di Kabupaten Sampang. Tetapi mereka mampu beradaptasi dengan lingkungan dan menghormati kelompok lain yang jumlahnya lebih banyak,” tandasnya.

Ia juga mengatakan, hasil temuan TPF ini akan disampaikan ke Pengurus Besar Nahdhotul Ulama (PBNU), Pemerintah dan Aparat Hukum. Sehingga hasilnya dapat menjadi referensi untuk lahirnya sebuah resolusi konflik yang lebih komprehensif.

“Penyelesaian secara damai dan penuh kekeluargaaan kan menjadi acuan para ulama Sampang,” tukasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, menurut keterangan penduduk setempat para pengikut aliran Syiah sengaja menanam ranjau di perkampungan mereka. Ranjau yang ditanam tersebut diledakkan menggunakan remote control, akibatanya terdapat korban luka terkena ranjau tersebut. [Widad/okz] [http://nahimunkar.com/16818/bentrokan-di-sampang-dipicu-peledakan-bom-ranjau-yang-sengaja-dipasang-para-pengikut-aliran-sesat-syiah/]

Lengkap dari kronologi kasus Sampang ini berikut kami hadirkan rekaman kajian “Ada Apa Dibalik Peristiwa Sampang? – Latar Belakang Terjadinya Bentrok Antara “Sunni vs Syiah” Di Sampang Madura disampaikan oleh Al-Ustadz Farid Achmad Okbah, MA berdasarkan fakta dan data dilapangan.

Download kajiannya pada link berikut:

Latar Belakang Peristiwa Sampang 1
Latar Belakang Peristiwa Sampang 2

Atau download dalam format mp3.zip Disini

Simak videonya dibawah!


.
© Youtube Alislamu

Artikel Lainnya:

~ 10 Tips & Trik Jitu Berdialog Dengan SYI’AH!
~ Bau Busuk Syiah Akhirnya Tercium Juga
~ Doa Khas Syi’ah di Bus PRIMAJASA!
~ Bahaya Syiah Sebuah Realita
~ Ketika Tokoh Syi’ah Mengungkapkan Rahasianya
~ Syiah Mencela Shahabat Nabi
~ Fatwa MUI Palsu Yang Menyatakan Syiah Tidak Sesat
~ Surat Edaran DEPAG: Syiah Imamiyyah Bertentangan Dengan Ajaran Islam
~ Innalillahi Tokoh Syiah: Ahmadinejad Menghina Dua Shahabat Rasul
~ Peristiwa Karbala Dalam Pandangan Ahlussunnah wal Jama’ah
~ Perkataan Imam dari Zaman ke Zaman Tentang Rafidhah (Syi’ah)
~ Said Aqil Siradj Menjilat Ludah Sendiri | Dulu Penelitii Sunnah, Kini Pejuang Syi’ah
~ Inilah Fatwa MUI Palsu Yang Menyatakan Syiah Tidak Sesat
~ Pembantaian Sy’iah di Suriah
~ Download Audio: Kondisi Terkini Kaum Muslimin Ahlussunnah di Suriah (Ustadz Firanda Andirja, MA) (Maret 2012)
~ Download Audio: Membongkar Aqidah Syiah (Ustadz Abdul Hakim Amir Abdat)
~ Download Tabligh Akbar: Biarkan Ulama Syiah Berbicara Tentang Agama Mereka
~ Download Audio: Mengenal Agama Syi’ah (Ustadz Abdurrahman Ayyub)
~ Download Audio: Pandangan Sunni dan Syiah Terhadap Para Sahabat Nabi (Ustadz Ali Nur dan Ustadz Abu Aliyah) (Medan, 17 Mei 2012)
~ Download Audio: Membongkar Koleksi Dusta Syaikh Idahram (Ustadz Firanda Andirja, MA) (Masjid ASTRA, 15 Juli 2012)