Ilmu yang wajib untuk kita pelajari dan kita dahulukan adalah ilmu syar’i. Ilmu inilah yang Allah Subhanahu wa Ta’ala wajibkan atas anda. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

“Menuntut ilmu wajib bagi setiap muslim.” (Shahihul Jami’ 3913)

Adapun ilmu yang kita maksud adalah ilmu syar’i, yaitu ilmu yang diturunkan oleh Allah Ta’ala kepada Rasul-Nya berupa keterangan dan petunjuk. Maka, ilmu yang di dalamnya terkandung pujian dan sanjungan adalah ilmu wahyu, yaitu ilmu yang diturunkan oleh Allah saja.

Diantara keutamaan ilmu :

1. Allah Ta’ala akan mengangkat derajat orang berilmu “Allah akan meninggikan orang-orang beriman di antaramu dan orang- orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat”. (QS.Al Mujadalah: 11)

2. Ilmu adalah warisan para Nabi Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam berkata: “Ilmu adalah warisan para Nabi, para Nabi tidaklah mewariskan emas ataupun dirham, akan tetapi mewariskan ilmu, barang siapa yang mengambilnya maka telah mengambil bagian yang banyak”. (Shahihul Jami Al Albani 6297)

3. Allah Ta’ala menginginkan kebaikan bagi seorang yang berilmu Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam berkata: “Barangsiapa yang Allah inginkan kebaikan niscaya akan dipahamkan tentang masalah agama”. (Shahihul Jami’ Al Albani:6612)

4. Ilmu adalah jalan menuju surga Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam berkata: “Barang siapa yang menempuh satu jalan untuk menuntut ilmu maka Allah akan mempermudah jalannya menuju surga”. (HR. Muslim)

5. Orang berilmu adalah orang-orang yang senantiasa diatas alhaq hingga menjelang hari kiamat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam berkata: “Barang siapa yang Allah ingingkan kebaikan niscaya akan dipahamkan tentang masalah agama. Aku (Rasulullah) hanyalah pembagi (sedangkan) Allah lah yang memberi. Akan senantiasa ada sekelompok umat ini (muslimin) yang tetap diatas perintah Allah, tidak akan membahayakan mereka (ketika ada) orang yang menyelisihinya hingga datang urusan Allah (hari kiamat)”.

Berkata Imam Ahmad rahimahullah –tentang kelompok ini-, “Kalau mereka bukan Ahlul Hadits, aku tidak tahu siapa mereka”. Al Qodhi Iyadh rahimahullah berkata: “Maksud Imam Ahmad adalah Ahlussunnah dan orang yang berkeyakinan dengan madzhab ahlul hadits”.

Silahkan simak dalam kajian berikut semoga bermanfaat

~ Radio SuaraQuran.com ~