Adab dan akhlak yang baik adalah bagian dari amal shalih yang dapat menambah keimanan dan memiliki bobot yang berat dalam timbangan. Pemiliknya sangat dicintai oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Keutamaan lainnya yaitu akhlak yang baik adalah salah satu penyebab seseorang untuk dapat masuk Surga. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Tidak ada sesuatupun yang lebih berat dalam timbangan seorang mukmin pada hari Kiamat daripada akhlak yang baik…” (Hadits hasan shahih riwayat Tirmidzi)
Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda pula,
“Sesungguhnya yang paling aku cintai di antara kalian dan yang paling dekat majelisnya denganku pada hari Kiamat adalah yang paling baik akhlaknya….” (Hadits hasan riwayat Tirmidzi) Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda,
“Sesungguhnya seorang Mukmin dengan akhlaknya yang baik, akan mencapai derajat orang yang shaum (puasa) di siang hari dan shalat di tengah malam.” (Hadits shahih riwayat Abu Dawud) 

Marilah kita simak dauroh yang sangat bermanfaat tentang adab dan akhlak ini. Semoga bisa menjadi cambuk bagi kita untuk bisa senantiasa berakhlak mulia sebagaimana yang telah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ajarkan. Dauroh ini diselenggarakan di Masjid Abu Bakar ash-Shiddiq yang beralamat di Jalan Akasia, depan pom bensin Perumahan Pondok Maharta, Kelurahan Tajur, Ciledug. Pada hari Kamis, 03 Februari 2011 dengan narasumber Ustadz Badrusalam,Lc dan Usatdz Fachruddin Nu’man, Lc.

Silahkan download pada link berikut:

Meneladani Akhlak Nabi 01
Meneladani Akhlak Nabi 02

Adab Berteman 01
Adab Berteman 02

~ http://www.study-islam.web.id ~