Tafsir Al Qur’an merupakan ilmu yang paling mulia karena didalamnya menjelaskan makna firman Alloh Azza wa Jalla . menyelami lautan ilmu Al Qur’an membuka mata dan hati manusia betapa ia berasal dari yang Maha Perkasa lagi tiada tandingan bagi-Nya. Nyatalah Al Qur’an benar-benar mu’jizat sepanjang masa bagi Rosululloh Sholallahu Alaihi Wassalam penutup para nabi bukan dari hawa nafsu melainkan wahyu yang diturunkan kepada beliau.

Alloh Azza wa Jalla berfirman,”Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapatkan pelajaran bagi orang-orang yang memiliki pikiran.” [QS Shaad 29].

Rosululloh Sholallahu Alaihi Wassalam juga memberikan motivasi kepada umatnya,

”Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al Qur’an serta mengajarkannya.” [HR Bukhori].

Memahami Al Qur’an dengan benar tidak akan lepas dari telaah kaidah-kaidah yang didalamnya sehingga diketahui bagaimana cara  menafsirkan Al Qur’an, sebab-sebab (asbabun nuzul), nasikh mansukh, perbedaan tempat turunnya ayat didalamnya serta pengetahuan tentang ayat-ayat muhkam dan mutasyabihat guna menepis anggapan adanya kontradiksi di dalam Al Qur’an. Jika demikian, pemahaman dan amalan akan berada dibawah bimbingan ilmu dan terselamatkan dai penyimpangan.

Berikut kami sampaikan rekaman kajian ilmiyyah islam bersama Al Ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat di Masjid Pondok Pesantren Al Ukhuwah, Sukoharjo (Sabtu, 8 Mei 2010) ba’da maghrib . Dengan tema ” Tafsir Berdasarkan Manhaj Salaf “.

Silakan download:

Tafsir Berdasarkan Manhaj Salaf.mp3

Semoga bermanfaat.

Sumber: Radio Suara Qur’an 94,4 FM